Pages

Senin, 11 November 2013




KARYA TULIS
“MUSEUM DIRGANTARA YOGYAKARTA”











Disusun Oleh :
Sukma Nurhayati                    (31)
Syifana Amalil Husna            (32)
Vivit Dwi Sulistyowati          (33)
Wiken Cahyo Pambudi        (34)
Yesi Kumalasari                       (35)
Yulia Tri Utami                         (36)

                                 


Kelas : VIII-1

UPTD SMP NEGERI 1 PRAMBON
TAHUN AJARAN 2012






Karya tulis ini disahkan pada :
Hari            :....................
Tanggal       :....................
Bulan          :....................
Tahun                   :....................


          Wali Kelas VIII-1                                       Pembimbing Karya Tulis


(Agus Mardi Wasono M.Pd)                                         (Supriadi S.Pd)
NIP. 196908041997031009                                 NIP. 196608171999031005



Mengetahui :
Kepala UPTD SMP Negeri 1 Prambon



(Drs. Budyo Sutrisno MM)
NIP. 196102081986031010



KATA PENGANTAR
Pertama-tama kami panjatkan atas ke hadirat Allah SWT, berkat rahmat dan karunia-Nya, kami dapat menyelesaikan KARYA TULIS “MUSEUM DIRGANTARA YOGYAKARTA” ini dalam rangka memenuhi tugas karya tulis Study Tour tahun ajaran 2012/2013.
Kami berharap dengan karya tulis ini semoga dapat memperkaya wawasan pembaca serta meningkatkan rasa cinta terhadap wariasan bangsa Indonesia serta mengenang masa perjuangan  yang saat ini mulai dilupakan oleh generasi muda.
Terima kasih kepada Guru Pembina dan berbagai pihak yang telah membantu penyusun dalam menyelesaikan karya tulis ini dengan baik.
Selanjutnya kami menyadari bahwa dalam penyusunan Karya Tulis “Museum Dirgantara Yogyakarta” ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu dengan kerendahan hati kami harapkan saran dan kritik  yang membangun.
Akhir kata kami berharap semoga Karya Tulis ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca.







Penyusun












DAFTAR ISI

Sampul……………………………………...…………………………….……………………….….... 1
Halaman Pengesahan………………...……………………….…………………………….….... 2
Kata Pengantar.………………….……..…………………………………………………….…..… 3
Daftar Isi………………………………………………………………………………………………. 4
BAB I
PENDAHULUAN…………………………….………………………………………….…….… 5
A.    Latar Belakang Masalah………….…………………………………………….….. 5
B.    Tujuan……………………………………..……………………………………….…...… 5
C.     Rumusan Masalah……………………..……………………………………….……. 5
D.    Metode Penelitian………………………..…………………………………….…..… 5
E.     Manfaat Penelitian………………………..……………………………….…………. 5
BAB II
kerangka kajian teori…………………..……………………………………..… 6
bab iii
PENUTUP……………………………………………………………………………...………..… 7
A.    Kesimpulan……………………………………………………………………………... 7
B.    Saran-Saran…………………………………………………………………………...… 8
bab iv
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………………………9







                 







BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang Masalah
Indonesia merupakan negara yang memilik sejarah perjuangan yang sangat luar  biasa. Sehingga Indonesia juga menyimpan bukti-bukti perjuangan bangsanya pada masa lalu. Namun sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang luar biasa itu kini sedikit demi sedikit mulai dilupakan oleh generasi muda yang lebih senang mempelajari sejarah bangsa lain. Disini kami akan membahas tentang  MUSEUM DIRGANTARA YOGYAKARTA yang merupakan salah satu tempat penyimpan sejarah Angkatan Udara bangsa Indonesia.
B.   Tujuan
§     Mengetahui dan memepelajari peninggalan sejarah perjuangan Indonesia
§     Mengetahui sejarah Museum Dirgantara
§     Mengetahui sejarah TNI Angkatan Udara
§     Mengetahui berbagai peninggalan TNI Angkatan Udara
§     Mengetahui lebih dalam tentang TNI Angkatan Udara

C.   Rumusan Masalah
[ Apa saja peninggalan sejarah perjuangan bangsa Indonesia
[ Bagaimana sejarah museum Dirgantara
[ Bagaimana sejarah TNI Angkatan Udara
[ Apa saja peninggalan TNI Angkatan Udara
[ Apakah TNI Angkatan Udara

D.   Metode Penelitian
Karya tulis ini penulisannya berbentuk narasi, yaitu dalam bentuk karangan yang  mengungkapkan rangkaian peristiwa, fakta atau keadaan (objek wisata) yang telah penyusun lihat dan saksikan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Adapun metode atau cara penulisan karya tulis ini didasarkan atas data-data dan informasi atau fakta yang penulis peroleh baik dari buku-buku, hasil pengamatan langsung pada objek wisata yang telah penulis kunjungi. Dari data dan informasi atau fakta tersebut, kami himpun dan kami susun hingga menjadi sebuah karya tulis yang berjudul “MUSEUM DIRGANTARA YOGYAKARTA”.

E.   Manfaat Penelitian
Penelitian yang telah kami lakukan ini sangat bermanfaat bagi kami, dan para pembaca. Dengan penelitian yang telah kami lakukan ini, maka kami juaga ikut serta dalam melestaarikan peninggalan benda jaman perang dahulu serta mempresentasikan bagaimana sejarah berdirinya Angkatan Udara Indonesia dan perkembangannya. Selain itu dengan mengetahui sejarah dan perkembangan Angkatan Udara mungkin dapat memotifasi para pembaca untuk ikut serta dalam menjaga keutuhan NKRI. Kemudian kami juga berharap karya tulis ini dapat menggugah semangat para pembaca agar lebih mencintai dan menghargai perjuangan para pendahulu bangsa Indonesia.


BAB II
KERANGKA KAJIAN TEORI
Museum Dirgantara didirikan pada tanggal 17 april 1978.Yang menjadi latar belakang didirikannya Museum AURI, yaitu:
1.   Semua kegiatan dan peristiwa bersejarah dalam pertumbuhan dan perkembangan TNI AU serta semua pengorbanan para pejuang dan pahlawan udara dalam membina dan merintis AURI, serta mempertahankan dan menegakan kemerdekaan NKRI perlu dilestarikan.
2.   Dalam rangka pewarisan nilai-nilai 45 yakni bahwa pengabdian dan pendokumentasian tersebut perlu untuk direalisasikan dalam bentuk visualisasi bukti sejarah agar dapat diketahui, diterima, dihayati dan diamalkan oleh generasi muda.
Museum-Dirgantara-patung.jpg       Hasyrat untuk mengabadikan dan mendokumentasikan kegiatan-kegiatan maupun peristiwa-peristiwa bersejarah di lingkungan AURI itulah yang menjadi dasar didirikannya Museum AURI, yang kemudian dituangkan dalam
Keputusan Menteri/
Panglima AU No. 491

tanggal 6 Agustus 1960 tentang Dokumentasi Sejarah dan Museum AURI. Meskipun demikian realisasinya tidak secepat yang diharapkan. Museum AURI baru bisa diwujudkan tanggal 21 April 1967. Semula masih bersifat embrio, dan organisasinya masih dibawah pembinaan Asisten Direktorat Humas AURI. Kegiatan Museum pun masih terbatas, karena kurangnya tenaga profesional maupun biaya. Namun sejak dikeluarkannya Instruksi Menteri/Panglima AURI No. 2 tahun 1967 Tentang Peningkatan Peningkatan Bidang Sejarah dan Museum AURI, maka mulailah ada titik terang.
       Berkat perhatian dari pimpinan AURIV (Pangkowilu) maka pada tanggal4 April 1969 diresmikanlah Museum Pusat TNI AU Roesmin Nuryadin di Jakarta. Sementara itu, di Lembaga Pendidikan AKABRI Bagian Udara Yogyakarta sudah memiliki Museum pendidikan / karbol, sehingga mulailah adanya pemikiran yang mengarah pada pengembangan danupaya mengintegrasikan kedua Museum tersebut. Disamping itu timbul pemikiran untuk menentukan lokasi Museum, bilamana keduanya berhasil disatukan, yang kemudian mengarah ke Yogyakarta.


Adapun dasar pertimbangannya, adalah sebagai berikut:
1.   Pada peristiwa 1945 – 1949 Yogyakarta memegangg peranan penting sebagai tempat lahir dan pusat perjuangan TNI AU.
2.   Yogyakarta adalah tempat penggodokan Taruna-taruna AU calon Perwira TNI AU.
3.   Semangat minat dirgantara, nilai-nilai 45 dan tradisi juang TNI AU mengacu pada semangat Maguwo.
museum-dirgantara-300x224.jpgAtas dasar pertimbangan tersebut, maka KASAU mengeluarkan Surat Keputusan No. Kep/II’IV/1978 tanggal 17 April 1978 menetapkan bahwa Museum Pusat AURI yang semula berkedudukan di Jakarta, dipindahkan ke Yogyakarta, diintegrasikan dengan Museum Pendidikan menjadi Museum Pusat TNI AU dengan memanfaatkan gedung Link Trainer di kawasan Ksatrian AKABRI bagian utara.

Operasi Boyong pemindahan benda-benda koleksi Museum AURI di Jakarta ke Yogyakarta telah dimulai sejak November 1977. Langkah penyempurnaan pemindahan lebih lanjut berdasarkan Keputusan KASAU No. Skep./04/IV/1978 tanggal 17 April 1978 dilengkapi dengan pemberian nama Museum tersebut dengan nama “Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala”. Pembukaan dan peresmian Museum ini bersamaan pula dengan peresmian Museum Sekbang Pertama 1945 yang berlokasi di dekat Base Ops Lanud Adi Sutjipto, yang dilakukan oleh KASAU Marsekal TNI Ashadi Tjahjadi, bertepatan dengan peringatan Hari Bakti TNI AU 19 Juli 1978.

BAB III
PENUTUP
A.   Kesimpulan
Museum Pusat TNI AU atau "Dirgantara Mandala" adalah museum yang digagas oleh TNI AU untuk mengabadikan peristiwa bersejarah dalam lingkungan TNI AU, bermarkas di kompleks pangkalan udara Adi Sutjipto Yogyakarta, museum ini sebelumnya berada berada di Jalan Tanah Abang Bukit, Jakarta dan diresmikan pada 4 April 1969 oleh Panglima AU Laksamana Roesmin Noerjadin lalu dipindahkan ke Yogyakarta pada 1978.
Museum ini menyimpan sejumlah foto tokoh-tokoh sejarah serta diorama peristiwa sejarah. Sejumlah pesawat tempur dan replikanya juga terdapat di museum ini yang kebanyakan berasal dari masa Perang Dunia II dan perjuangan kemerdekaan, diantaranya:
    Pesawat PBY-5A (Catalina).
    Replika pesawat WEL-I RI-X.
    Pesawat A6M5 Zero Zen buatan Jepang.
    Pesawat pembom B 25 Mitchell, B 26 Invader.
    Helikopter 360 buatan AS.
B.   Saran-Saran
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................... .................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................... .................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................... ....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................










BAB IV
DAFTAR PUSTAKA

Catatan Study Tour para penyusun 2012/2013

Rekaman Study Tour para penyusun 2012/2013


http://id.wikipedia.org/wiki/Museum_Pusat_TNI_AU_%22Dirgantara_Mandala%22

foto-foto penyusun


         

0 komentar:

Posting Komentar